Tips Menjaga Kesehatan Agar Terhindar dari Penyakit

Untuk mencegah berbagai penyakit

ada banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, kita dapat mempertahankan kualitas hidup yang baik. Bahkan, penerapan berbagai cara untuk menjaga kesehatan tubuh tidak sulit. Hanya Anda harus konsisten untuk melakukannya. Ini harus disosialisasikan dari hal-hal kecil seperti istirahat dengan olahraga yang cukup dan teratur. Kuncinya adalah, Anda hanya perlu sedikit kreativitas dan kemauan untuk melakukannya di mana dan kapan Anda bisa. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menjadi cara mudah untuk menjaga kesehatan tubuh Anda:

1. Aktivitas fisik, di mana dan kapan

Olahraga lari
Olahraga lari

Hidup kunci sehat adalah secara aktif bergerak. Anda dapat tetep aktivitas fisik produktif sambil menonton televisi. Caranya sederhana, mengambil keuntungan dari waktu iklan sebagai kesempatan untuk melakukan peregangan, push-up, sit-up, atau papan. Jadi tidak ada lagi waktu yang terbuang saat Anda menonton televisi. Selain menggunakan jeda ketika menonton iklan TV, Anda juga dapat melakukan aktivitas fisik yang bisa dilakukan di rumah. Misalnya, membersihkan rumah, naik turun tangga, berkebun, santai, dan sebagainya.

2. Cukup tidur

Ilustrasi wanita tidur

Ilustrasi wanita tidur

Selain bergerak aktif, Anda juga harus memenuhi waktu tidur. Karena tidur adalah kebutuhan mendasar yang menjadi dasar di mana pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk. Jika itu gagal, itu akan berdampak pada kesehatan Anda. Mulai dari fungsi kekebalan tubuh, energi, nafsu makan, suasana hati dan sebagainya. Bahkan, waktu tidur yang ideal setiap orang berbeda. Namun, para ahli sepakat bahwa waktu tidur rata-rata orang dewasa yang ideal lebih kurang 7 sampai 9 jam setiap malam. Jadi untuk menjaga kesehatan tubuh, cukup tidur sekarang dan menghindari begadang di malam hari.

3. Minum banyak

minum air putih
Minum air putih

Air adalah yang kebutuhan paling mendasar pada tubuh. Jika tubuh kekurangan air, sel-sel dalam tubuh akan lebih sulit untuk mencapai fungsi sebagaimana mestinya. Selain itu, Anda juga akan lebih berisiko dehidrasi. Jika Anda mengalami dehidrasi, Anda menguras energi sehingga membuat Anda lebih lelah. Banyak orang mengatakan bahwa kita harus memenuhi kebutuhan untuk minum 8 gelas air setiap hari. Nah, belum tentu. Karena kebutuhan air setiap orang berbeda. Bisa jadi Anda perlu minum air kurang atau lebih dari rekomendasi tersebut. Lebih penting lagi, jangan menunggu sampai Anda haus untuk minum air baru-baru ini. Karena haus tampaknya benar-benar tanda bahwa tubuh Anda mengalami dehidrasi menjadi 2 persen. Jadi saat Anda mampu dan cukupilah kebutuhan cairan Anda. Tidak hanya air, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan cairan Anda sayuran dan buah yang kaya air.

4. Makan perlahan-lahan

makanan sehat
Makanan sehat

Tampaknya, semua yang ada di depan Anda ingin disantap sesegera mungkin. Sering, itu membuat Anda makan dengan cepat, sehingga Anda tidak sadar makan makanan besar dan memperoleh berkalori tinggi. Bahkan, menurut sebuah penelitian, makan dengan perlahan berpengaruh mengurangi jumlah kalori dalam tubuh Anda. Ketika Anda makan lebih lambat, tanpa menyadari bahwa Anda sudah kenyang padahal Anda hanya mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil. Oleh karena itu, makan secara perlahan dapat secara tidak langsung mengontrol berat badan, yang dapat mencegah timbulnya obesitas. Selain itu, makan secara perlahan juga membantu memperlancar sistem pencernaan dan membuat Anda merasa lebih kenyang, bahkan jika jumlah makanan yang Anda konsumsi tidak banyak.