11 Hal Yang Dapat Berakibat Fatal Jika Melakukan Kesalahan Dalam Diet #1

Ada beberapa kesalahan dalam diet yang jika Anda lakukan, efeknya bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Ya, jangan menyerah pada diet yang salah, ya. Apa jenis kesalahan diet yang harus dihindari? Periksa informasi berikut!

Berbagai jenis kesalahan diet.

Diet adalah metode yang umum digunakan untuk mencapai berat badan ideal sambil mempertahankan tubuh yang sehat. Sayangnya, banyak pelaku diet tidak benar-benar menerapkannya dengan baik. Daripada mengikuti aturan diet yang benar, apa yang sebenarnya dilakukan adalah metode diet yang salah. Jika tidak segera diubah, ini pasti dapat berdampak negatif pada tubuh. Kesehatan Jiwa

Berikut adalah jenis kesalahan diet yang perlu Anda ketahui dan hindari!

1 Konsumsi kalori terlalu rendah.

Mengurangi asupan kalori harian adalah cara yang salah untuk diet karena tubuh benar-benar membutuhkan kalori setiap hari. Untuk wanita, kebutuhan kalori harian mereka adalah sekitar 2.000 kalori, sedangkan pria membutuhkan sekitar 2.500 kalori per hari. Jika asupan kalori dibatasi sekitar 1000 kalori atau kurang, ini sebenarnya akan menyebabkan metabolisme rendah yang karenanya akan berdampak negatif pada tubuh, seperti kelelahan dan berkurangnya massa otot.

Kesehatan tubuh, Dianjurkan agar Anda mengurangi asupan kalori selama program diet, tetapi jangan biarkan asupan kalori menjadi kurang dari 1000 kalori. Bagaimanapun, kalori adalah sumber energi bagi tubuh Anda.

2 Kurangi frekuensi makan, jangan makan porsinya

Ini juga sering merupakan kesalahan diet yang dilakukan oleh banyak pelaku diet (mungkin termasuk satu). Mengurangi frekuensi makan yang disebutkan di sini seperti melewatkan sarapan. Padahal, makan di pagi hari sangat penting untuk mengisi energi sebelum melakukan aktivitas sehari-hari, juga menghindari konsumsi gula atau lemak berlebih saat Anda lapar.

Makan secara teratur (3 kali sehari) akan meningkatkan metabolisme tubuh, yang membantu mengurangi berat badan karena proses pembakaran lemak dan kalori lebih mudah. Ini berbanding terbalik dengan ketika tubuh lapar, di mana metabolisme secara alami akan melambat.

Karena itu, alih-alih mengurangi frekuensi konsumsi, disarankan untuk mengurangi porsi makanan setiap kali makan. Ini dianggap lebih efektif dan aman bagi tubuh. Vitamin dan Supleme

4 Kurang olahraga

Anda telah menerapkan pola makan yang benar, mulai dari pemilihan hingga porsi makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Sayangnya, beratnya tidak berkurang bahkan jika program diet berlangsung selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Sesuatu yang buruk pasti terjadi, tetapi apakah itu?

Read More: 10 Kandungan Nutrisi Dari Daging Bebek dan Disertai Cara Memasak Part 2

Ya, Anda sepertinya lupa bahwa keberhasilan program diet bukan hanya tentang mengendalikan diet. Itu juga harus didukung oleh sejumlah kegiatan sehat lainnya, salah satu yang paling penting adalah berolahraga. Olahraga bertujuan untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran lemak dan kalori dapat berfungsi secara optimal. Akibatnya, berat badan Anda akan berkurang.

Jadi jangan membuat kesalahan diet dalam hal ini, ya! Bermain olahraga setiap hari untuk mempercepat penurunan berat badan sehingga tubuh Anda selalu bugar.

5 Terlalu sering mengonsumsi makanan rendah lemak

Kesalahan berikutnya dalam diet adalah makan makanan berenda “rendah lemak” dalam jumlah besar. Padahal, lemak adalah unsur makanan yang harus dibatasi konsumsi selama program diet. Namun, terkadang Anda tidak menyadari bahwa makanan ini umumnya mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Yoghurt rendah lemak, misalnya. Setiap 245 gram yogurt rasa rendah lemak buah mengandung setidaknya 47 gram gula (setara dengan 12 sendok teh gula). Alih-alih membuat Anda lebih kenyang, makanan seperti ini akan membuat lapar kembali dengan cepat. Akibatnya, dikhawatirkan frekuensi konsumsi akan meningkat.

Bukan berarti Anda tidak boleh makan makanan jenis ini sama sekali. Anda masih bisa makan makanan berlabel yogurt rendah lemak, tetapi batasi frekuensi dan keseimbangan asupan jenis makanan lain yang direkomendasikan.

6 Hentikan kebiasaan ‘Snack’

Anda mungkin berpikir bahwa menghentikan kebiasaan “camilan” adalah diet yang efektif untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Sebenarnya, ini adalah cara diet yang salah. Makan makanan ringan sebenarnya bisa membantu Anda mengendalikan rasa lapar sehingga rencana diet bisa bekerja secara optimal.

Makan camilan, terutama yang kaya protein, memaksimalkan metabolisme tubuh. Namun, Anda juga harus mengawasi kebiasaan “camilan” karena kelebihannya juga tidak baik dan dapat membuat program penurunan berat badan menjadi tidak berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *